Rabu, 17 Oktober 2012

Harapan untuk PLN : PLN, BANTU KAMI MEMAJUKAN BANGSA INI!




Indonesia, Kapankah Engkau bisa menjadi negara maju??? Akankah Engkau mensejahterakan rakyatMu??? Kami bukan rakyat yang pesimis, namun kami hanya khawatir, kami tidak bisa menikmati saat tiba waktunya Indonesia menjadi luar biasa”


Begitulah sebersit harapan dari rakyat kecil sepertiku bagi bangsa ini, berharap Indonesia terus bergerak  menjadi bangsa yang lebih maju dari sekarang.
Berbicara mengenai kemajuan bangsa, Indonesia bisa dikatakan masih jauh dibawah dibandingkan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapore. Dengan menggunakan pengukuran Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang mana indikator yang diambil berasal dari segi kesehatan, tingkat pendidikan, dan standar hidup yang merupakan tolak ukur utama, Indonesia menempati urutan ke 124  dari 187 negara[1] sedangkan Malaysia menempati urutan 61, dan Singapore menempati urutan 26 .

                                                                              
                            (sumber : http://hdr.undp.org/en/statistics/)

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memajukan bangsa, salah satunya dengan meningkatkan fasilitas sarana prasarana pada masyarakat di era modernisasi seperti saat ini. Era modernisasi diikuti dengan munculnya macam berbagai alat yang  tekhnologi tinggi. Hal tersebut tentu saja tidak lepas dari peranan energi listrik yang telah membantu kita selama ini.
                          

Kebutuhan akan energi listrik mencangkup semua sektor, antara lain sektor rumah tangga, sektor industri, sektor pendidikan semua membutuhkan energi listrik. Mulai dari kelompok terkecil dari masyarakat yaitu keluarga, pemanfaatan energi listrik digunakan untuk alat rumah tangga seperti rice cooker atau alat memasak nasi, setrika, mesin cuci, pengering, oven, kipas angin, air conditioner atau pendingin ruangan, pompa air, lampu, alat komunikasi yaitu telephone seluler yang sekarang hampir seluruh anggota keluarga menggunakannya, komputer yang sekarang menjadi kebutuhan utama khususnya untuk pendidikan.  Dapat dilihat bahwa masyarakat sudah sangat tergantung pada energi listrik dimana hampir semua aspek kehidupan telah dipermudah dengan menggunakan peralatan bertenaga listrik. (S.Kumara Nyoman S. 2010)[2].

                                               (Sumber : http://www.pln.co.id/)

PLN atau Perusahaan Listrik Negara adalah perusahan menyediakan energi listrik bagi seluruh negeri. Dibangun dengan motto “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih BaikPLN bertugas untuk menyediakan energi listrik bagi seluruh bagian dari negara Indonesia. PT. PLN (Persero) yang merupakan salah satu  perusahaan BUMN telah menegaskan komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari praktek KKN atau Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Sesuai dengan pedoman  Good Corporate Governance atau GCG diterapkan guna mencapai tujuan agar:
  1. Memaksimalkan nilai PT.PLN (Persero) dengan cara meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, dapat dipercaya, bertanggung jawab, adil agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional.
  2. Mendorong pengelolaan PT. PLN (Persero) secara professional, transparan, dan efisien serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian Organ.
  3. Mendorong agar Organ dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi  nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta kesadaran akan tanggung jawab sosial PT. PLN (Persero) terhadap stakeholdersmaupun kelestarian lingkungan diekitar PT. PLN (Persero)
  4. Meningkatkan kontribusi PT. PLN (Persero) dalam perekonomian nasional.
  5. Meningkatkan iklim investasi Nasional.


Tentu saja, hal tersebut  harus kita dukung sepenuhnya agar PT. PLN (Persero) dapat menjalankan komitmennya bagi negeri ini. Secara pribadi harapanku untuk PLN sangat besar, mengingat pentingnya energi listrik bagi kita untuk menjalankan roda kehidupan harapanku secara pribadi bagi PT. PLN (Persero) :


1. Good Corporate Governance menjadi pedoman dan berkelanjutan


Mengingat tujuan GCG yang juga sudah dilengkapi pedoman sebagai perusahaan yang memenuhi kebutuhan akan energi listrik, harapanku PT. PLN (Persero) benar-benar menjadikan GCG sebagai pedoman dasar bagi direksi, komisaris, pimpinan unit higga pegawai dari PT. PLN (Persero) agar sesuai dengan tujuan meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, dapat dipercaya, bertanggung jawab, adil agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional. GCG harapannya tidak hanya berhenti sampai disini, melainkan ada proses berkelanjutan dan bersifat transparan agar masyarakat tahu dan bertambah nilai kepercaayaan pada PT. PLN.


2. Buku “PEDOMAN PERILAKUbenar-benar dijalankan dan dibuat Laporan Berkelanjutan


Membaca isi dari buku pedoman perilaku yang dikeluarkan oleh PT. PLN (Persero) sangat lengkap dan terperinci. Pedoman Perilaku hendaknya harus benar-benar dijalankan, dan tidak hanya itu untuk mengetahui apakah pedoman perilaku benar-benar dijalankan atau tidak perlu adanya suatu sistem yang menilai kinerja direksi, komisaris, pimpinan unit , pegawai, anak perusahaan, perusahaan afiliasi, dan pihak ketiga (konsultan, pemasok, outsourcing, mitra kerja, kontraktor, AKLI, Konsuil ) yang mana penilaian tersebut berdasarkan buku “Pedoman Perilaku” yang mencangkup kewajiban pegawai PLN, kewajiban bagi seorang pemimpin, menjalankan SIPP yaitu Saling Percaya,  Integritas, Peduli, dan Pebelajar.
Harapannya kedepan harus ada laporan kerja yang berkelanjutan yang sesuai dengan Pedoman Perilaku agar masyarakat sebagai pelanggan tahu bagaimana kinerja dari PT. PLN (Persero) dan meningkatkan tingkat kepercayaannya pada PT. PLN (Persero).
Apabila Pedoman Perilaku benar-benar dijalankan bagi setiap unit, maka visi dari PT. PLN (Persero) yaitu diakui sebagai perusahan kelas dunia yang bertumbuh kembang, unggul, dan terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani bisa tercapai.


 3. Listrik Untuk Seluruh Anak Negeri Di PLN Peduli

Program PLN PEDULI saya akui sudah banyak membantu masyarakat Indonesia dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik, seperti Program kemitraan yaitu PT PLN (Persero) terhadap Mitra Binaan yang menyediakan tenaga listrik di area sekitar kegiatan Perusahaan serta mempunyai obyek Mitra Binaan yaitu Usaha Mikro Kecil dan Koperasi (UKM), yang mana Pada tahun 2008, jumlah mitra binaan adalah 26.775 dengan total penyaluran sebesar Rp 227.113.034.078[3] . Sesuai visi PT. PLN (Persero) yaitu PLN Peduli yaitu  Terwujudnya keharmonisan hubungan PT PLN (Persero) dengan masyarakat sehingga akan menunjang keberhasilan kegiatan PT PLN (Persero) dalam menyediakan tenaga listrik bagi masyarakat, harapannya memang disediakan program nyata yang menyediakan tenaga listrik bagi seluruh anak negeri tidak hanya untuk tenaga industri melainkan seluruh sektor penting didalam masyarakat, khususnya pendidikan,  dimanapun mereka berada khususnya di pelosok negeri ini.  Pentingnya energi listrik untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan membantu mencerdaskan masyarakat melalui pendidikan.

4.  PT. PLN (Persero) Terus Berinovasi Untuk Mengembangkan Sumber Daya Yang Ada Di Indonesia

Berbagai penghargaan dan inovasi telah didapatkan oleh PT. PLN (Persero), setidaknya sampai tahun 2000 menurut  ISO 9001 : 2000, PT.PLN (Persero) mendapatkan inovasi dan penghargaan sejumlah 277. Harapanku kedepan semoga ditahun- tahun mendatang mendatang PT.PLN (Persero)  tidak lelah untuk membuat inovasi, khususnya dalam memanfaatkan sumber daya alam lain seperti yang terjadi di unit PLN di PT. PLN BATUBARA, yang menggunakan batu bara yang digunakan sebagai bahan utama dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTA, untuk berikutnya PT. PLN (Persero) bisa menggunakan sumber energi  yang lain yang banyak tersedia di Indonesia seperti air, angin, matahari. Tidak hanya itu inovasi juga bisa dilakukan oleh PT.PLN (Persero) dalam pengembangan penelitian.



Itulah harapanku untuk PT. PLN (Persero), semoga PLN bisa membantu Indonesia dalam memenuhi dan melayani kebutuhan akan listrik, dengan terpenuhinya layanan akan listrik maka masyarakat akan terfasilitasi baik di pendidikan, industri, maupun kebutuhan sehari-hari.
Terfasilitasinya masyarakat Indonesia saya berharap masyarakat Indonesia semakin produktif dan bisa menghasilkan karya, akhirnya mampu bersaing dengan negara yang lain dan menjadi Indonesia yang luar biasa.

Artikel ini untuk untuk memperingati Hari Listrik Nasional yang ke 67, kontribusi PLN selama ini sudah begitu banyak bagi Indonesia, trimakasih sudah menyediakan listrik bagi kami masyarakat Indonesia, kami terus mendukung PLN agar di tahun-tahun berikutnya PLN diakui sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh kembang unggul dan terpercaya dan bertumpu pada potensi insan. 




PLN, BANTULAH ANAK CUCUKU MENJADI ANAK-ANAK BANGSA YANG BERKUALITAS, MAMPU BERSAING DI DUNIA INTERNASIONAL, DAN MENJADIKAN INDONESIA NEGARA NOMER SATU DALAM MENSEJAHTERAKAN RAKYATNYA DIDUNIA”



SUMBER :



[2] NYOMAN S KUMARA. 2010. PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) SKALA RUMAH TANGGA URBAN DAN KETERSEDIAANNYA DI INDONESIA 

1 komentar: